Senin, 20 Juni 2011

Wasiat Nobel dari Alfred Nobel

Orang yang mati bisa meninggalkan wasit untuk generas berikutnya. Seperti  wasit untuk mengerjakan sesuatu atau menyimpang sesuatu yang sifatnya rahasia bagi keluarga atau perusahaan. Banyak keuntungan yang diperoleh jika sudah ada kejelasan akan kelanjutan usaha atau cita-cita yang belum tercapai atau berhasil untuk dilanjutkan kepada generasi anak.

Keseluruhan warisan saya boleh dilanjutkan oleh yang masih hidup untuk diluruskan dengan cara ini:



Modal akan dilabur oleh waris saya dalam sekuriti-sekuriti yang selamat dan terdiri beberapa  aset, yang faedah yang dikenakan padanya akan diberikan setiap tahun dalam bentuk hadiah-hadiah kepada siapa pun yang, sepanjang tahun yang berlalu, akan diberikan kepada orang hebat yang pernah diberi kepada manusia. Faedah itu akan dibagi kepada lima bagian sama rata, yang akan diperuntukkan seperti berikut: sebagian kepada tokoh yang akan melakukan penemuan atau penciptaan terpenting dalam bidang fizik; sebagian kepada tokoh yang akan melakukan penemuan atau kemajuan kimia terpenting; sebagian kepada tokoh yang akan melakukan penemuan terpenting dalam bidang fisiologi atau perubatan; sebagian kepada tokoh yang akan menghasilkan karya berkecenderungan idealistik yang paling cemerlang dalam bidang sastra; dan sebagian kepada tokoh yang akan melakukan kerja terbanyak atau terbaik demi persaudaraan antara bangsa, untuk pembubaran atau pengurangan tentara-tentara yang masih ada dan untuk menganjurkan dan promosi kongres keamanan.
Hadiah-hadiah untuk fizik dan kimia akan dianugerahkan oleh Akademi Sains Sweden; hadiah untuk kerja fisiologi dan perubatan oleh Institut Caroline di Stockholm; hadiah untuk sastera oleh Akademi di Stockholm; dan hadiah untuk pejuang keamanan oleh satu jawatan kuasa lima ahli untuk dilantik oleh Storting Norway. Adalah hasrat saya yang nyata bahwa ketika menganugerahkan hadiah-hadiah berkenaan kewarganegaraan para calon tidak dipertimbangkan langsung, agar yang paling sewajarnya akan menerima hadiah, sama ada dia itu orang Scandinavia atau tidak.
Sungguhpun wasiat Nobel berjaya menubuhkan hadiah-hadiah ini, namun rancangan beliau belum selesai. Maka, oleh sebab adanya halangan lain, setelah lima tahun berlalu barulah Yayasan Nobel dapat ditumbuhkan dan hadiah-hadiah pertamanya dianugerahkan pada 10 Desember 1901. [3]
Sumber://dari http://ms.wikipedia.org/wiki/Hadiah_Nobel


0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar yang bersifat memberikan sanggahan, dan tambahan informasi atau referensi lainnya. Kami mengharapkan ada manfaat bagi anda dari websites ini. Terima kasih banyak atas kunjungan saudara.

Please provide comments that are providing rebuttal, and additional information or other reference. We expect these websites beneficial to you. Thank you very much for your visit.

Twitter Delicious Digg Favorites More